Top! Sandiaga Terus Optimalkan Bantuan Pemerintah Demi Pulihkan Sektor Pariwisata
Foto : Menparekraf Sandiaga Uno

Jakarta, HanTer - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus melakukan berbagai upaya untuk memulihkan sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah melaksanakan program Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan jumlah bantuan yang akan diterima sebesar Rp1,8 juta untuk setiap pelaku usaha pariwisata. 

"Kami apresiasi pelaku usaha pariwisata yang telah mendaftar BPUP. Mari ajak teman-teman pelaku usaha yang belum mendaftar namun memenuhi persyaratan untuk segera mendaftarkan usahanya dalam program BPUP 2021,” katanya Sandiaga, Jumat (26/11/2021).

Program bantuan itu diberikan kepada pelaku usaha pariwisata skala kecil dan menengah yang terdaftar pada Sistem Online Single Submission (OSS) Kementerian Investasi/BKPM 2018-2020.

Bantuan ini diberikan kepada enam jenis usaha, yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya. 

Masyarakat dapat memeriksa apakah jenis usaha pariwisatanya tergabung sebagai calon penerima BPUP atau tidak di laman bpup.kemenparekraf.go.id.

Berdasarkan data hingga paruh pertama tahun 2020, sektor pariwisata di Indonesia mengalami kerugian hingga Rp85 triliun. Sebagian besar sektor kreatif juga terkena dampak yang sangat berat.

Selain memberi bantuan, Kemenparekraf juga membuat program edukasi bagi wirausaha agar mampu bangkit dari pandemi Covid-19.