Kabur dari Karantina, Rachel Vennya Segera Disidang
Foto : instagram rachelvennya

JAKARTA - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten menyatakan berkas perkara selebgram Rachel Vennya telah lengkap atau P21. Ia sebelumnya kabur dari tempat karantina di Wisma Atlet padahal baru kembali dari Amerika Serikat. 

Tersangka dan barang bukti akan diserahkan Polda Metro Jaya  ke Kejaksaan Tinggi Banten. Selanjutnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan meneliti dan membuat surat dakwaan.

"Paling minggu sekarang kita buat janji dulu dengan JPU. Setelah ada janji kita serahkan," kata DirekturKaburnya Rachel Vennya dari Wisma Atlet awalnya terungkap dari curhatan seorang warganet di media sosial. Beberapa hari setelahnya, pihak Kodam Jaya membenarkannya.

Rachel Vennya dalam beberapa kesempatan akhirnya mengakui apa yang dilakukan itu sebuah kesalahan. Dia beralasan tak menyelesaikan karantina usai pulang dari Amerika Serikat karena rindu anak Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Selain Rachel Vennya, hal sama diberlakukan polisi Salim Nauderee, pacar Rachel, dan Maulida Khairunnia, manajer Rachel. 

Selain ketiganya, polisi juga menetapkan petugas protokol kesehatan Bandara Soekarno-Hatta berinisial OP dalam kasus yang sama. 

Mereka tak ditahan mengingat ancaman hukuman di bawah lima tahun penjara. 

Keempatnya dijerat dengan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dan atau Pasal 14 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit. (*/yp)