Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan, Kantara Group Hibahkan Alat Ukur
Foto : Chief Executive Officer (CEO) Kantara Group, I Made Nugraha Jaya Wardana/ist

Jakarta, HanTer – Banyak cara yang dilakukan sejumlah pihak guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya memperhatikan kualitas sumber daya manusia.

Seperti dilakukan PT. Kantara Group Indonesia yang melaksanakan program hibah alat ukur GNSS/RTK (Global Navigation Satellite System/Real Time Kinematic) kepada 4 fakultas Teknik di bidang Geodesi/Geomatika berbeda guna meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia

“Ini menjadi komitmen kami secara aktif sebagai pihak swasta mendukung program-rogram dari pemerintah di sektor pendidikan di universitas agar terlaksananya prinsip Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M),” kata Chief Executive Officer (CEO) Kantara Group, I Made Nugraha Jaya Wardana, sat virtual berupa Serah Terima Alat Hibah dan Penanda-tanganan PKS Kantara Group dan 3 Universitas, Rabu (24/11/21).

Dikatakan I Made, Pihaknya memberikan bukti dengan terus berkontribusi dalam mempersiapkan atau meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia. 

“Sejauh ini saya percaya Indonesia tidak akan bisa berkembang menjadi lebih maju kalau tidak di iringi dengan kualitas atau kesiapan dari sumber daya manusia dari adik-adik mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia kerja,” terangnya.

“Program hibah alat dengan Teknologi GNSS ini adalah inisiatif kami untuk berperan dalam pembangunan Indonesia lewat sektor Pendidikan, dimana akan sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan praktikum mahasiswa, baik mahasiswa Prodi Vokasi, Prodi Sarjana maupun Prodi Magister. Dalam bidang penelitian, alat dapat dimanfaatkan untuk mendukung penelitian mahasiswa, baik skripsi, tesis, maupun disertasi doktoral. Selain itu, alat juga akan dimanfaatkan oleh dosen untuk melakukan penelitian yang hasilnya akan dipublikasikan di berbagai media publikasi karya ilmiah,” tambah Made.

Selain itu ada Fakultas Teknik Geodesi Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (Vokasi UGM) yang mendapatkan hibah.

“Saya mengucapkan terima kasih atas inisiasinya yang sangat bermanfaat. Kami dari fakultas teknik universitas diponegoro ada 12 departement yaitu Sipil, Geodesi, Geologi, PWK, Elektro, Tekhnik Komputer, Kimia, Teknik Mesin, Arsitektur & Perkotaan, Arsitektur, Lingkungan, Teknik Industri, Teknik dan Manajemen Industri, Teknik Perkapalan,” kata Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM., M.Sc., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Seperti diketahui, pemberian bantuan dari Kantara Group adalah berupa 2 unit Sino GNSS T300 untuk ITS dan UGM, serta 1 set CORS System untuk UNDIP dan Vokasi UGM senilai lebih dari Rp 500 juta.